Cara Mengatasi Hp Bootloop Pada Android dengan Mudah tanpa PC

Cara mengatasi Android Bootloop dengan mudah dan tanpa pc

Android bootloop
Android yang mengalami bootloop atau startup sampai di menu logo saja ini terjadi karena  hp gagal dalam melakukan upgrade sistem, dan ada pula yang disebabkan karena salah dalam menggunakan firmware android dan bahkan bootloop bisa terjadi saat kita melakukan root namun gagal, sehingga saat di restart atau dinyalakan hanya mampu menampilkan logo atau merek ponsel-nya saja.

Umumnya banyak yang mengatasinya dengan cara melakukan flash pada Android, namun sebenarnya ada Cara memperbaiki HP Android yang bootloop tanpa melakukan flash.

Tapi perlu kalian ketahui telebih dahulu ,hp bootloop ada 3 tingkatan dan cara mengatasinya yaitu:


Bootloop Ringan (Android Light Bootloop)

Salah satu permasalahan bootloop pada ponsel hp android yang tergolong ringan. Adapun permasalahan tersebut terjadi saat kalian menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video dan tiba-tiba saja terjadi restart atau re-boot sendiri. Kemudian setelah menyala kembali ternyata hp dapam keadaan tidak bisa masuk ke menu melainkan hanya menampilkan sampai logo ponsel atau merek saja.

Cara mengatasinya :

Jika kalian mengalami hal yang saya jelaskan diatas, permasalahan tersebut terbilang masih bootloop ringan maka kalian bisa memperbaikinya dengan cara melepas baterai pada ponsel android dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali ponsel tersebut, dan biasanya dengan cara itu ponsel android kalian sudah bisa booting secara normal kembali.

Bootloop Menengah (Android Medium Bootloop)

Masalah bootloop android medium terjadi akibat dari aktivitas pengguna yang sering mengotak-atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery. karena seperti yang kita ketahui bahwa system recovery merupakan bagian vital dari ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel. Jadi memang keadaan sistem itu sangatlah dilindungi sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat fatal yaitu terjadi bootloop medium. Sebenarnya kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah karena kita bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk kembali mem-backup ulang.

Cara mengatasinya :

Cara mengatasi bootloop tipe medium ini kita memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai media untuk mem-backup data recovery imgae dan file recovery CWM atau aslinya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut. Tapi jika kamu belum pernah mem-backup data ROM-nya, maka kamu bisa mencari data recovery khusus untuk tipe ponsel terebut di google. Sebab jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.

Bootloop Sulit (Android Hard Bootloop)

Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan. Adapun ciri-cirinya adalah saat ponsel kita di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di mengoperasikan lagi alias MATOT (macet total).

Cara mengatasinya :

Karena kasus kerusakan yang ini tergolong cukup parah, maka cara mengatasinya bootloop tersebut harus menggunakan Laptop atau PC. Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instali dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel kalian itu sendiri.

Itulah beberapa cara mengatasi hp bootloop kalau ada yang ditanyakan silakan isikan komentar kalian di kolom komentar. 

0 Response to "Cara Mengatasi Hp Bootloop Pada Android dengan Mudah tanpa PC"

Posting Komentar